Bermain di Taman Terbuka Hijau 15 Menit Saja Bisa Bikin Bahagia

Suara.com – Ibu, beraktivitas di taman terbuka hijau ternyata sangat efektif untuk meningkatkan kesehatan mental lho. Hal tersebut diutarakan oleh psikologi sosial, Dr. Juneman Abraham, S.Psi., dalam acara peresmian Taman Kita OREO, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (30/9/2018).

Kata Junaeman, ciri-ciri taman yang baik adalah taman yang memiliki rancangan lingkungan untuk berinteraksi dengan orang lain dari latar belakang sosial ekonomi yang beragam untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga dan pengguna, serta menunjang berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.

“Di saat virtualitas merajalela dalam kehidupan dewasa ini, kehadiran taman terbuka hijau tetap menawarkan kedalaman berinteraksi yang sudah semakin langka akibat komunikasi yang dangkal dan sarat akan pencitraan, terutama di dunia maya,” terang Juneman.

Hal tersebut diperkuat lewat rujukan buku dari Florence Williams berjudul The Nature Fix (2017).

Ia menjabarkan bagaimana manfaat aktivitas di ruang terbuka hijau, salah satunya dikatakan, berada di taman hanya selama 15 menit dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Menghabiskan waktu di ruang terbuka hijau juga dapat mengurangi aliran darah ke bagian otak yang terasosiasi dengan pemikiran negatif, sehingga membantu untuk bisa berpikir secara positif. Tak sampai di situ, saat berada di taman terbuka hijau, memori dan kreativitas juga cenderung meningkat.

Untuk itu, brand biskuit dari Mondelez International Oreo, merevitalisasi 12 taman kota termasuk Taman Heulang di Bogor untuk menjawab kebutuhan ruang terbuka hijau serta menciptakan kebersamaan antara masyarakat.

Beberapa sarana utama di Taman Kita Oreo adalah permainan Twist atau putar, Lick atau jilat, dan Dunk atau celup, yang dapat dimanfaatkan untuk segala usia.

“Selain itu, terdapat pula berbagai fasilitas penunjang lain seperti arena bersantai dan interactive jogging track yang mendorong masyarakat untuk berinteraksi langsung sambil berolahraga,” kata Brand Manager Treats Mondelez Indonesia, Rachel Angelina.

Selain di Kota Bogor, Taman Kita Oreo juga akan hadir di 12 kota lain di Indonesia yaitu Bekasi, Depok, Solo, Semarang dan lain-lain.